3 Faktor Pendukung Mobil Listrik Menurut Gaikindo

 

 

Motor01.com – Di masa depan Mobil listrik diyakini akan jadi solusi di dalam mengatasi masalah polusi udara. Karena mobil listrik tak mengeluarkan emisi sedikitpun.

Yohannes Nangoi, selaku ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, menuturkan sebelum mobil listrik hadir terdapat 3 faktor pendukungnya. Yang pertama adalah kesiapan dari industri otomotif itu sendiri. baginya, industri otomotif telah siap dengan teknologi mobil listrik.

“Kalau ditanya kesiapan industri dengan merek-merek bawaan dari luar negeri mereka sudah siap di negaranya, tknologinya sudah ada. Di Jepang Honda sudah punya mobil listrik, di Jerman Mercedes sudah punya mobil listrik. Jadi yang pertama adalah mobilnya itu sendiri,” kata Nangoi saat ditemui di Tangerang.

Selanjutnya faktor yang kedua adalah kesiapan infrastrukturnya. Mobil listrik, kata Nangoi, membutuhkan infrastruktur pengisian baterai.

“Nanti kalau di mobil elektrik berarti yang namanya fasilitas listriknya harus disiapkan,” ucapnya.

Dan yang terakhir dan yang terpenting, lanjut Nangoi, adalah peraturannya, saat ini peraturan kendaraan masih mengacu pada kendaraan dengan mesin bakar dengan kapasitas mesinnya.

“Karena kalau peraturannya tidak berpihak kepada itu (mobil listrik) tidak bisa jalan. Yang saya sebut berpihak misalnya saya berikan contoh, sekarang mobil masuk impor masih menggunakan kapasitas mesinnya sebagai patokan dasar pajak, sementara yang namanya kendaraan elektrik tidak ada cc-nya,” ucap Nangoi.

“Yang buat kami lebih penting adalah Indonesia jadi tuan rumah di negaranya sendiri. Maksudnya adalah bahwa kami memproduksi untuk konsumsi dalam negeri dan juga kami jadi basis produksi untuk ekspor. Kita harus ikutin perkembangan dunia,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *