Ada atau Tidak CCTV, Main Ponsel Saat Nyetir Tak Diperbolehkan

 

 

Motor01.com – Sistim tilang saat ini akan lebih canggih lagi. Kabarnya pihak kepolisian akan terapkan aturan tilang dari CCTV. Kabar itu menyebar lua di media sosial yang akan mulai di pakai mulai 1 September 2017 tilang CCTV bakal diberlakukan.

Bahkan di saat menunggu lampu lalu lintas saja, jika pengendara kedapatan bermain HP bisa saja kena tilang. Tapi pihak kepolisian masih belum menjelaskan lebih rinci mengenai aturan itu dan bagaimana prosedurnya.

Hanya mengatakan itu mengecek HP sambil berkendara itu memanglah sebuah pelanggaran. “Mau ada kamera atau tidak makanya jangan main HP sambil nyetir. Memang itu pelanggaran (bermain ponsel saat berkendara-Red),” tulis Kakorlantas Irjen Royke Lumowa.

Mengemudi sambil bermain atau sekedar mengecek ponselnya memanglah tak diperbolehkan dan termasuk melanggar aturan. Hal te4rsebut telah tertulis dalam UU No.22 Tahun 2009 pasal 106 ayat 1.

UU No.22 Tahun 2009 pasal 106 ayat 1 ini berbunyi setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *