Air Bekas AC Dan Air Aki Ternyata Dapat Gantikan Posisi Coolant

 

Motor01.com – Salah satu komponen yang paling penting yang berada pada radiator kendaraan bermotor adalah cairan. Tanpa ada cairan, radiator tak akan bisa berfungsi dengan semestinya.

Tak sembarabg cairan, yang paling baik untuk digunakan adalah coolant. Jika dibandingkan dengan air biasa, ia punya beberapa kelebihan, salah satu diantaranya addalah anti karat, lebih baik dalam menghantarkan panas, dan lebih awet karena titik didihnya lebih dari air, di atas 100 derajat celsius.

Dengan demikian, saat kondisi yang mendesak, soalnya di tengah-tengah perjalanan mudik, coolant  masih dapat diganti komponen lainnya. Mulai dari air bekas AC, atau air aki berwarna biru.

Dua komponen ini, walaupun berada di bawah coolant kualitasnya, namun jika dalam keadaan mendesak dapat diandalkan untuk mendinginkan mesin.

Lain halnya jika dibandingkan dengan air keran. Robbit menuturkan jika sebaiknya cairan ini dihindari sama sekali. Soalnya,  air ini dapat menjadikan logam cepat berkarat. Tentu hal ini dapat merusak sejumah komponen lain. Padahal di satu sisi awalnya pemakaian air keran supaya pengeluaran lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *