Aturan Euro4 Siap di Ikuti Suzuki, Harga Mobil Tidaklah terangkat

Motor01.com – Pemberlakuan batas emisi Euro4 untuk kendaraan bermesin bensin, direncanakan akan diaplikasikan oleh pemerintah pada September tahun depan.

Setiawan Surya pun ikut menanggapi hal tersebut, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), pihaknya telah siap jika memang pengaplikasian standar emisi Euro4 ini merupakan regulasi dari pemerintah.

“Kita sudah siap kok, karena mau tidak mau itu regulasi pemerintah. Teknisi kita sudah support, dan mesin kita juga tidak ada masalah, terlebih yang baru. Tinggal mengikuti saja,” jelas Setiawan di Gading Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (11/4/2017).

Stiawan juga telah menambahkan, untuk proses produksi nantinya jika standar emisi Euro4 diaplikasikan juga tidak ada masalah. Memanglah, umtuk standar Euro4 katalitik konverter dari mesin haruslah disetting terlebih dahulu.

“Untuk biaya produksi, saya belum tahu detailnya. Namun, untuk harga jual feeling saya sih tidak ada bedanya (harga tidak naik),” imbuhnya.

Tidak hanya mesin, penerapan standar Euro4 juga haruslah didukung dengan standar bahan bakar yang berbobot. Dan hal tersebut juga dipertanyakan beberapa pabrikan otomotif di Indonesia, salah satunya Suzuki.

“Kalau standar Euro4 setahu saya juga harus didukung bahan bakar, dan bahan bakar kita sudah mendukung belum karena kan yang kita ikuti sekarang regulasi Euro2,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *