Berikut Beberapa Hal Yang Dapat Mempersingkat Umur Ban

Motor01.com – Salah satu komponen penting dalam kendaraan dan tidak bisa digantikan perannya adalah ban, ban memiliki fungsi sebagai penggertak dan penghantar tenaga dari mesin kendaraan.

Ban ini merupakan komponen yang terlihat sangat kokoh dan besar, karena hal ini banyak para pemilik kendaraan yang tidak begitu perhatian dengan kondisi ban kendaraannya.

Padahal jika melihat fungsinyam ban merupakan komponen yang memiliki tugas paling berat. Selain sebagai penahan beban kendaraan, ban juga langsung bersentuhan dengan jalanan.

Karena hal tersebut, biasanya usia ban akan cepat habis dan dapat menggangu kenyamanan serta keselamatan pengemudinya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui apa saja yang dapat memperpendek usia ban pada kendaraan.

Dikatakan oleh Charly Arifin dari Dunia Ban, Tangerang. Salah satu hal yang dapat merusak keawetan ban adalah cara mengemudi pemiliknya. “Mengerem tiba-tiba setelah melaju kencang adalah salah satu kebiasaan yang harus sebisa mungkin diminimalisir sampai dihindari,” tegas Arifin.

“Biasa terabas jalan rusak berlubang pakai ban yang bukan peruntukannya juga bikin cepat rusak,” imbuhnya.

Kemudian, Arifin menyarankan kepada para pemilik kendaraan untuk selalu memperhatikan tekanan angin pada ban. Dirinya mengatakan jika tekanan angin kurang atau berlebih dapat memberikan efek yang negatif untuk ban.

Terakhir adalah sering melakukan rotasi ban, rotasi ban memang hal yang sederhana akan tetapi hal ini diketahui dapat menimbulkan keausan ban hanya pada satu sisi dan tidak merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *