Cara Mudah Ganti Kampas Rem Yang Mulai Menipis

Motor01.com – Rem merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan. Karena dengan berfungsinya rem, kendaraan bisa dikontrol jaraknya dengan kendaraan di depan agar tidak terjadi benturan yang berakibat fatal.

Maksimalnya fungsi rem tentunya bukan cuma ditujukan buat mobil yang bertransmisi manual saja. Pada kendaraan bertransmisi otomatis juga harus lebih sempurna.

Fungsi rem di mobil matik juga sangat penting, kareana kendaraan ini dikenal minim engine brake sehingga untuk menurunkan rpm, kecepatan hingga menghentikan lajunya cuma mengandalkan rem.

Rem menjadi part yang sangat penting, sudah seharusnya pengendara menjaga performanya agar tetap optimal. Salah satunya memeriksa kondisi kampas rem apakah masih bagus atau sudah mulai menipis hingga minta diganti. Berikut ini adalah ciri-ciri jika kampas rem harus diganti:

“Ada beberapa tanda yang dapat diketahui dengan cepat jika kampas rem mulai menipis. Contohnya adalah bunyi berdecit. Sebab bunyi decit merupakan indikasi adanya kotoran masuk di antara kampas dan cakram. Tapi juga bisa jadi indikasi pelat kampas rem sudah bersinggungan langsung dengan cakram karena kampas rem sudah habis,” ujar Ujang Bani, mekanik Permata Motor di Jl. Raya Ciputat, Tangerang Selatan.

Untuk pastikan bunyi decit itu indikasi kotoran atau kampas habis, harus melepas ban di area yang berbunyi. Setelah ban terlepas, akan terlihat ketebalan kampas rem melalui celah di tengah kaliper. Jika benar kampas rem masih tebal, buka kaliper untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Jika belum sempat melepas ban, ada trik sederhana untuk mengecek kondisi kampas rem. Yaitu dengan memeriksa ketinggian volume minyak rem pada wadahnya yang ada di dekat master rem. Caranya adalah membuka dulu kap mesin, lalu lihat ketinggian volume minyak rem.

“Jika berkurang dari area tengah, ini indikasi kampas rem mulai menipis. Tapi sebelum memvonis, ada baiknya pastikan tidak ada kebocoran minyak rem di semua peranti komponen vital ini,” ingat Bani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *