Hikmah di Balik Knalpot Motor Tinggi

Motor01.com – Mungkin belum banyak orang tau kalau posisi knalpot yang tinggi ada keuntungganya tersendiri. Semakin tinggi motor, maka semakin tinggi juga kesempatan dirinya selamat dari banjir tersebut.

Jika kita logika, knalpot berfungsi untuk saluran pembuangan terakhir dari mesin yang mengeluarkan gas sisa pembakaran mesin. Maka knalpot haruslah terbebas dari suatu zat apapun. Di saat knalpot kemasukan airseperti saat melintasi genangan banjir, maka pada bagian mesin akan bermasalah.

“Air yang masuk ke knalpot bisa mengalir sampai mesin. Kalau ada air di mesin, pasti kerja mesin bermasalah, bisa mati,” ujar Eko Safitrianto, mekanik Clinic Motor yang terletak di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2017).

Busi juga dapat kita jaddikan patokan, tanpa busi yang kering, maka tidaklah mungkin terjadi pembakaran yang maksimal, bahkan juga bisa tidak adanya pembakaran. Dan disaat melintasi genangan, busi yang rendah berkemungkinan untuk terkena percikan air.

“Jadi semakin tinggi busi dan knalpot, bisa lebih gampang lewati banjir,” tambah Eko.

Walaupun demikian, Eko juga mengatakan kalau pemilik motor dengan knalpot yang rendah juga masih bisa untuk tetap selamat dari banjir. Namun ada beberapa syarat, Yakni dengan cara menutup lubang knalpot dengan plastik atau kain, lalu melintasi banjir dengan posisi mesin mati.

“Mending seperti itu (knalpot disumbat dan mesin dimatikan), kalau dipaksa dinyalain, sayang komponen dalam
mesin bisa rusak,” tutup Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *