Ini Penyebab Fitur ISS Tidak Berfungsi Dengan Benar

 

Motor01.com – Sepeda motor Honda jenis skuter otomatik (Skutik) sudah di kompliti dengan fitur Idling Stop System (ISS), yang berguna untuk mematikan mesin dengan otomatis ketika motor bergenti lebih dari 5 detik.

Tapi, jika otolover menemui fitur IIS di motor Honda yang tak berfungsi, jangan lalu panik. Terdapat beberapa kebolehjadian penyebab fitur IIS tak berfungsi dengan seharusnya.

Technical Training Instruktur PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Mukti Abdul Rahman menuturkan, fitur ISS akan berjalan dengan normal jika suhu mesin  telah mencapai sekitar 60 derajat celcius dan berjalan dengan kecepatan minimal 10km/jam.

Kalau pun fitur IIS tak berjalan dengan semestinya terdapat beberapa penyebabnya, yaitu daya listrik aki yang sudah tak normal, ketika menyalakan mesin memakai kick starter, dan saat berhenti tarikan gas bakal menggantung.

“Kalau fitur ISS tidak berfungsi, perhatikan hal tersebut, kenapa menyalakan dengan kick starter ISS tidak berfungsi, karena ECU membacanya daya listrik aki tidak normal, karena ISS akan berfungsi jika listrik aki masih normal. Kemudian tarikan gas menggantung ISS tidak berfungsi, ECU membacanya motor berjalan karena ISS akan berfungsi saat gas tertutup dan sudah mencapai suhu 60 derajat celcius,” jelas Mukti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *