Inilah Alasan Toyota All New Rush Gunakan Mesin Avanza

 

 

 

Motor01.com – Salah satu hal yang masih jadi perdebatan mengenai All New Toyota Rush yakni dipilihnya mesin 2NR-VE. Mesin tanpa peningkatan performa tenaga dan torsi dibandingkan dengan model yang sebelumnya. Tidak sedikit pihak yang menyayangkan keputusan Toyota itu.

Bukannya meningkat, mesin Rush baru malah turun performanya jadi 102 hp dan 136 Nm, dari yang sebelumnya 107 hp dan 141 Nm. padahal dimensi Rush baru alami peningkatan baik dari panjang, lebar, maupun bobot.

Tapi dijelaskan oleh pihak PT Toyota Astra Motor mesin yang dipakai tidak terlalu diutamakan untuk dapat tawarkan performa tangguh layaknya SUV sejati. TAM Malah mengatakan senjata baru di balik bonnet All New Rush tersebut lebih menekankan pada efisiensi bahan bakar.

“Tenaga sama torsinya sama dengan Avanza, cuma untuk model matic ada lock-up function di gigi 3 dan 4. Ratio gear masih sama dengan Rush lama, cuma untuk manual beda untuk gigi 1 dan gigi 5,” terang Product Knowledge TAM, Gandhi Ahimsa Putra.

“Jadi gigi 1 lebih rendah, gigi 5 lebih tinggi. Gigi 1 untuk angkatan awal, biar lebih terasa G (force)-nya. Gigi 5 untuk efisiensi karena lebih tinggi.”

“Contoh, gigi 5 kecepatan tinggi 100 km/jam RPM 3500 yang lama. Mungkin yang baru rpm-nya lebih rendah, bisa 2,500 seperti itu. Putaran mesin bisa lebih ringan di kecepatan 100 (km/jam).”

Dengan teknologi Dual VVT-i, mesin 2NR-VE sekarang ini juga sudah lebih dahulu digunakan untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Versi sebelumnya memakai mesin dengan kode 3SZ-VE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *