Inilah Rahasia MPV Bisa Menjadi Primadona di Indonesia

Motor01.com – Mobil yang bisa menampung tujuh penumpang atau sering kita sebut mobil keluarga, di tanah air kita ini masih menjadi primadona. Ini telah dibuktikan dari jumlah penjualannya yang 40% dari total pasar.

Hal Ini wajar, Soalnya Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menjadi mobil yang serbaguna dengan kemampuan mengangkut penumpang yang cukup banyak. Terus, Adakah faktor lain yang membuat MPV disukai masyarakat Indonesia?

Kukuh Kumara selaku Sekertaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo). Menjelaskan,  struktur pajak yang kecil menjadi faktor penting kenapa MPV di Indonesia sanggup berkembang dengan pesat.

“Jika ditinjau dari segi pajak, saat ini kendaraan didominasi oleh sektor pajak 0 persen sebesar 41 persen, pajak 10 persen sebesar 44 persen, di mana 22 persen di pajak 0 persen dan 61 persen di pajak 10 persen didominasi MPV,” jelas Kukuh dalam diskusi Peluang dan Tantangan MPV di 2017, yang digelar Forum Wartawan Otomotif (Forwot) d Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Sekedar infirmasi sedikit, di Indonesia penjualan mobil mengalami kenaikan sebesar 15,5 persen setiap tahunnya. walaupun, pada 2015 mengalami penurunan karena perlambatan ekonomi.

“Namun, pada tahun lalu, penjualan MPV kembali meningkat sekira 450 ribuan unit, dibanding 2015 sebesar 375 ribuan unit,” pungkas Kukuh.

Comebacknya lagi penjualan MPV, dikarenakan oleh datangnya segmen mobil murah dengan banyak penumpang (7),dan hal tersebut menjadikan para konsumen beralih kepada model tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *