Jika Euro 4 Diaplikasikan, Lalu Bagai Manakah Nasib Si Mesin Tua?

Motor01.com – Standar emisi 4 telah diterapkan. Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) 20/2017 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang nantinya akan disama ratakan harus berbahan bakar Euro 4.

Kalau kebijakan tersebut telah terlaksana, lalu bagaimanakah nasib mobil dengan mesin tua? semisal untuk Muscle car. “Bisa, cocok-cocok aja, tapi ya ada beberapa bagian yang harus kita sesuaikan, di stel lagi. Tapi yang jelas tetap bisa masuk (kategori untuk Euro 4),” ujar pemilik G-Speed, Galih Laksono, di Radio Dalam, Jakarta, Jumat (6/4/2017).

Selain hal tersebut galih juga menambahkan bahwa, mobi sejenis muscle car saat ini bisa dikatakan mobil hobi.

“Kan keluarnya enggak setiap hari, mobil hobi. Karena juga mungkin kalau setiap hari kan lumayan mahal juga perawarannya, dan kadang-kadang kan mobil seperti ini, hanya untuk dilihat aja para kolektor itu,” ujarnya.

Galih menambahkan, yang namanya hobi itu, sifatnya kebanyakan diluar pemikiran yang rasional. Sehingga walaupun Indonesia sudah menuju Euro 4, mobil-mobil seperti itu dapatlah tetap bertahan.

“Contohnya kaya orang yang hobi mancing, mereka sampai berjam-jam mancing diam, nungguin ikan, sampai berjam-jam. Ini kan mobil-mobil, mesin dengan teknologi 60’an, sampai sekarang masih ada dan masih berfungsi. Jadi irasional hobi itu,” jelasnya.

Namun dirinya juga menambahkan, beda lagi ceritanya kalau mesin sudah dimodifikasi keseluruhan.

“Full modifikasi enggak bisa. Tapi kalau modifikasinya biasa saja masih masuk,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *