Kendaraan Listrik di Dunia Masih Terkendala dengan Baterai

 

 

Motor01.com – Terdapat beragam komponen atau hal lainnya yang wajib dipirkan mengenai transisi dari kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik. Dari banyaknya hal tersebut, baterai masih jadi hal yang utama.

Bagi Ing Gunadi Sindhuwinata (Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif), baterailah yang jadi penggerak utama produk kendaraan listrik.

“Kan tiga hal yang tadi saya sebutkan baterai, engine, dan unit kontrol. Memang masing-masing mempunyai masalah sendiri juga, tapi dari tiga rangkaian itu paling penting baterai,” ujarnya kepada wartawan, di JCC Senayan.

Masalah baterai ini, bagi eks Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ini, bukan cuma untuk Indonesia, tapi juga seluruh dunia.

“Baterai ini terkait beberapa hal. Sekarang kalau kita lihat baterai yang mempunyai teknologi tinggi, itu bahan bakunya itu bahan baku jarang, adanya hanya di Indonesia dan Tiongkok, mereka mempunyai cukup banyak, apakah mereka yang tidak punya ini memiliki akses? Kalau tidak mereka mau mengarah ke mana? Pengembangan baterai ini sangat penting,” ucapnya.

Amat pentingnya, kata Gunadi, akan terdapat pertarungan yang sengit mengenai baterai kendaraan listrik.

“Teknologinya maupun di bidang pemasaran baterai, yang menawarkan baterai lebih canggih, ringan, jangkauannya panjang, ngisinya cepat, macam-macam lah, tidak lupa juga bagaimana mereka (baterai itu) akan di daur ulang,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *