Lakukan Ini Sebelum Mobil Terjang Hujan

 

 

Motor01.com – Musim penghujan adalah salah satu tanda supaya pemilik kendaraan kembalibersiap-siap untuk lakukan pengecekan supaya performa kendaraan khususnya untuk kendaraan roda 4 tetap dapat bekerja secara maksimal, walaupun di musim penghujan.

Akhiong pemilik pemilik bengkel Berlian Motor yang bertempat di kawasan Komplek BSD Autoparts ingin sedikit berbagi tips untuk menjaga performa kendaraan untuk tetap optimal di saat musim hujan melanda.

“Ada beberapa hal penting yang harus diperiksa atau mengalami penggantian part. Seperti wiper harus dicek apakah masih layak dipakai atau tidak, karena terkadang selama musim panas karet wiper menjadi kering dan kaku yerutama yang jarang dipakai, maka ini harus diganti,” tekannya.

Bukan cuma wiper, pemeriksaan lainnya adalah fungsi rem serta ketebalan kampas rem, Karena , jika hujan maka kerja rem bakal lebih besar diakibatkan karena basah. Kampas rem harus di cek ketebalannya, kalau dirasa telah waktunya untuk ganti maka ada baiknya segera diganti supaya kerjaanya saat hujan lebih baik mencengkram.

“Pengecekan lainnya adalah ban, ban juga sangat mempengaruhi daya cengkram saat hujan, semakin tebal kembangnya maka dipastikan akan aman selama hujan, yang terpenting pastikan tekanan ban juga dalam standar yang telah ditentukan pihak pabrik,” ujar Akhiong.

Bukan cuma itu saja, kaca mobil juga harus dibersihkan dari jamur yang menempel, karena jika kaca yang ada jamur dan terkena hujan, bisa menjadikan buram dan visibilats berkurang terutama saat berkendara di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *