Mengenal Lebih Dekat Angin Palsu, Yang Jadikan Rem Sering “Ngocok”

 

Motor01.com – Rem cakram pada kendaraan anda sering bermasalah. Salah satunya adalah ia tidak lagi “menggigit” walaupun tuas rem sudah ditekan cukup dalam. Gejala apakah itu? Bagaimanakah cara untuk Memperbaikinya?

“Itu suka orang sebut dengan angin palsu,” ujar Ifan, mekanik di bengkel 5 Saudara Motor kepada motor01.com, Selasa (2/5/2017).

Secara sederhana, angin palsu bisa disebabkan karena adanya udara yang masuk ke selang rem, sehingga menjadikan minyak tak maksimal saat mendorong piston rem.

Untuk pengetahuan, rem bekerja secara hidrolik. Saat kaki menginjak rem, maka sebetulnya saat itu sedang terjadi pemompaan minyak. Minyak inilah yang selanjutnya akan mendorong kampas ke cakram agar roda berhenti.

Bagi Ifan, hal ini dikarenakan minyak rem yang telah mencapai titik didih “Minyak rem yang panas bisa menguap. Di sini asal angin itu,” tambahnya. “Atau memang bisa juga jalur remnya ada yang sudah bocor,” sambungnya.

Minyak rem standar dan baru sebenarnya jarang menguap. Tapi penguapan bisa saja terjadi saat kualitas minyak rem memahlah sudah jelek.

Untuk mengatasinya, sebenarnya tidak begitu sulit. Untuk sepeda motor kita bisa melakukan dengan cara membuka katup dari kaliper, lalu tekan terus pedal rem sampai mentok Setelah angin keluar dalam bentuk minyak rem “muncrat”, maka tutuplah katup dengan tetap menahan pedal di posisi paling ujung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *