Menperin Berniat Kejar Regulasi Mobil Listrik di Penghujung Tahun

 

 

Motor01.com – Regulasi kendaraan dengan tenaga listrik musti terus diupayakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia supaya dapat dengan cepat terwujud regulasinya. Bahkan di akhir tahun ini, Kemenperin telah menjadwalkan akan melakukan uji kendaraan listrik.

Dengan dihelatnya uji coba itu, diharapkan insentif & regulasi untuk kendaraan listrik di Indonesia dapat terwujud di tahun depan seperti yang dikatakan langsung oleh Airlangga Hartarto (Menteri Perindustrian RI).

“Yang mobil listrik Kementerian Perindustrian di akhir bulan Desember ini akan melakukan uji bersama dengan salah satu prinsipal, di mana nanti kita akan uji untuk regulasinya dan uji yang lain,” kata Airlangga pada sela kunjungan pabrik Sokonindo Automobile.

“Di mana dengan selesainya nanti uji diharapkan regulasi dan fasilitas itu akan keluar tahun depan, sehingga insentif untuk mobil listrik itu ditingkatkan.”

Airlangga mengimbuhkan tengah bernegosiasi untuk nilai insentif dan PPnBM untuk kendaraan dengan tenaga listrik nantinya. Tak cuma kendaraan listrik, kebijakan itu juga dihubungkan bakal diberlakukan juga untuk hybrid dan LCEV.

20% dari pasar otomotif nasional diagendakan penjualan kendaraan listrik dapat terwujud di tahun 2025. Masalah mengenai ketersediaan infrastruktur pun jadi salah satu hal yang bakal diperhatikan untuk mendukung terwujudnya hal di atas.

“Kendala tentu yang akan didorong, dikembangkan adalah tentu kendala infrastruktur karena untuk otomotif listrik ini kan charge-nya berbeda, bukan sama seperti listrik,” tambah Airlangga.

“Kemudian yang kedua tapi ada solusi selain hybrid memakai semacam dual power, itu seperti genset dan listrik, nah ini sedang akan dikembangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *