Mercedes-Benz Akan Menjual Replika Mobil Produksi Pertama Mereka

Motor01.com – Mercedes-Benz pabrikan mobil asal Jerman, diberikan akan menjual replika mobil pertama di dunia, yang juga merupakan mobil produksi pertama mereka. Mobil yang diproduksi di tahun 1885 itu bernama Benz Patent Motorwagen.

Benz Patent Motorwagen pertama kali diproduksi pada 3 Juli 1886 dengan memiliki tiga buah roda berukuran besar ini, setelah sebelumnya mendapat paten untuk mesin pembakaran internalnya pada 29 Januari di tahun yang sama.

Selama enam tahun Karl Benz membuat mobil ini, hanya sebanyak enam mobil yang berhasil di produksi. Mobil tersebut akan dijual melalui All Time Stars, divisi mobil klasik Mercedes-Benz bukan merupakan mobil asli, melainkan sebuah replika.

Meski replika, namun semua bagian dan materialnya dibuat sangat mirip dengan aslinya. Hebatnya lagi, mobil tersebut dapat beroperasi dengan baik, dan dapat dikendarai serta memiliki fitur-fitur yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Mobil yang dibekali mesin satu silinder dengan kapasitas 954 cc ini mampu memberikan tenaga 1 dk pada 400 rpm. Tentunya di jaman itu, mesin tersebut menjadi sangat populer dan sangat bertenaga.

Karl Benz juga membuat mesin baru yang menghasilkan tenaga 2 dk yang mampu berjalan dengan kecepatan 16 kilometer per jam hasil pengembangan mesin pertama.

Namun, tidak ada informasi yang lengkap untuk spesifikasinya, maupun harga jualnya. Hanya ada sebuah informasi yang sebutkan mobil tersebut hanya memiliki jarak tempuh rendah, hal ini bisa dipahami sebab kendaraan replika biasanya dibuat untuk museum atau pameran publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *