Mobil Desainan Orang Indonesia Laris Manis

 

Motor01.com – Mobil Toyota yang desainnya di buat sendiri oleh orang Indonesia, Yaris Heykers terjual cukup laris. Dari total penjualan Yaris, Heykers yang berkontribusi sampai 50%.

Hal tersebut membuktikan jika pengemembangan produk lokal jadi unggulan Toyota di pasar Indonesia.

“Kami bersyukur TAM sudah dapat persetujuan dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk jadikan Heykers sebagai salah satu line-up di Indonesia dan diterima baik oleh masyarakat, seperti terlihat daru kontribusinya sekitar 50 perseb dari total penjualan Toyota,” ujar Executive General Managet TAM, Fransiscus Soerjopranoto, kepada wartawan di arena Indonesia International Motor Show, JI Expo Kemayoran, Jakarta.

TAM sendiri terus menuturkan, telah mengembangkan desain komponen lokal semenjak tahun 2006 yakni front grille ornament untuk Toyota Vios. Semenjak saat itu Toyota terus mengembangkan desain komponen lokalnya untuk model yang ada di pasar Indonesia.

“Mulai dari Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Innova, Fortuner dan lainnya,” katanya.

Selain hal tersebut Chief Designer TAM, Donny Adhi Yuwono mengimbuhkan sekitar 2.600 komponen lokal yang telah dibuat oleh C&A Planning and Design Department sebagai penanggung jawab.

“2.600 komponen lokal yang sudah berhasil didesain dan diproduksi untuk meningkatkan total ownership benefit bagi pelanggan Toyota,” tuturnya.

Komponen tersebut antara lain dipakai pada line up Avanza Luxury, Yaris TRD Sportivo, Innova Luxury, NAV-q V Grade, Rush TRD Sportivo, Sienta A Grade, Agya TRD S, Yaris TRD Sportivo, Vios dan Etios TOM’S.

“Semua itu memberikan kontribusi yang signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen,” ucap Donny.

Terlebih lagi menurut Soerjo beberapa komponen tersebut telah berhasil menembus ke pasar luar negri ke sejumlah negara melalui 4 produk yaitu Innova, Fortuner, Yarid, dan Agya.

“Ini menunjukan bahwa komponen lokal yang dikembangkan TAM telah diterima dunia dengan standar kualitas Toyota Global,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *