Pemerintah Arab Saudi Mengeluarkan Keputusan Bebas Mengemudi Mobil Bagi kaum Wanita

Motor01.com – Jenderal Mohammed Bassami, Direktur Jenderal Departemen Lalu Lintas Arab Saudi mengeluarkan surat keputusan mulai 24 Juni mendatang, wanita Arab Saudi diizinkan mengemudi mobil di wilayah kerajaan, hal tersebut disampaikan pada Selasa 8 Mei 2018 lalu.

Surat keputusan itu berbunyi, setiap wanita yang telah berusia 18 tahun ke atas diizinkan untuk mengajukan permohonan pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi).

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah Arab Saudi akan membangun sekolah mengemudi khusus wanita yang tersebar di lima kota besar kerajaan Saudi.

Nantinya, instruktur yang akan mengajari perempuan untuk mengemudi merupakan perempuan bersertifikat mengemudi internasional.

“Bukan lagi jadi rahasia, banyak perempuan di Kerajaan Arab Saudi punya SIM internasional,” ujar Bassami, dikutip dari Carscoops, Kamis 10 Mei 2018.

Pemberian izin mengemudi pada perempuan mulai diterdengar sejak September 2017. Pangeran Mahkota, Mohammed bin Salman mengatakan, upaya pemberian izin itu untuk mendorong reformasi di Kerajaan Arab Saudi.

Arab Saudi pun sudah memastikan tidak ada perbedaan di mata hukum antara laki-laki dan perempuan. SIM spesial pun tidak berlaku untuk wanita, bahkan jika melanggar aturan, wanita yang mengendarai mobil mendapat hukuman yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *