Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Bising Rem

Motor01.com – Salah satu masalah yang sangat sering dijumpai pada kendaraan khususnya motor adalah rem yang berisik dan berdecit dan sangat mengganggu telinga dari pemilik dan pengendara lain.

Padahal rem ini adalah perangkat yang sangat penting adanya untuk menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara. Seperti yang diketahui rem yang berdecit juga mengganggu kinerja dari rem ketika digunakan.

Kendati merasa terganggu dengan masalah rem ini, akan tetapi masih banyak para pemilik kendaraan yang masih tidak mengetahui apa penyebab dari rem yang berbunyi ini dan akhirnya tidak mengambil tindakan dan dibiarkan saja.

Melihat kondisi ini, seorang mekanik di Astra Otoparts bernama Adi Putra memberikan sebuah penjelasan terkaiat apa saja masalah yang menyebabkan kondisi rem berbunyi dan berdecit ini.

1. Kampas rem yang kotor

Posisi rem yang bereda diluar membuat debu dan kotoran dapat masuk dengan mudah ke dalam kampas rem ketika melintasi jalan berdebu dan berpasir. Dalam mengatasi masalah ini, yang pertama bukalah bagian kampas rem yang berbunyi tersebut dan bersihkan dengan amplas. Atau untuk cara lainya bisa langsung dibawa kebengkel terdekat.

2. Kampas rem yang tipis

Kondisi kapas rem yang tipis akan menimbulkan suara decitan karena gesekan dari logam kampas rem dengan piringan cakram. Hal ini terjadi karena jarangnya melakukan pergantian terhadap kampas rem.

Cara mengatasinya sangat sederhana cukup lakukan pergantin kampas rem dengan tepat waktu dan berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *