Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Simpan Barang di Atap Mobil saat Mudik

 

Motor01.com – Mobil pribadi jadi opsi tersendiri untuk sebagian pemudik. Pemudik juga biasanya membawa barang-barang yang dibutuhkan. Namun, jangan sampai bawa barang terlalu berlebihan sehingga membuat mobil overload.

Atap mobil biasanya juga jadi pilihan pemudik untuk meletakan barang. Namun perlu dingat, untuk meletakkan barang di atap mobil ada alatnya, yakni roofrack atau roofbox. Walau telah ada roofrack atau roofbox itu, perlu diperhatikan penggunaannya.

“Roofrack itu memang membantu. Tapi kalau bisa pakai roofrack yang tertutup, kayak kapsul (roofbox) itu,” kata Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Jika mau tetap menggunakan roofrack yang terbuka, pastikan semua barang bawaan tertutup. Bisa ditutup pakai terpal.

“Memang sah-sah saja selama itu nggak mengganggu. Kadang-kadang kan ikatnya nggak benar, terpalnya menggelayut dan sebagainya, itu yang ditakuti,” kata Sony.

Untuk menyimpan barang di atap mobil, pastikan barang tersebut adalah yang teringan. Jangan sampai menaruh barang yang berat di atap.

“Yang berat-berat di dalam kabin aja. Supaya titik gravitasi kendaraan itu tidak terganggu. Jadi (pengendalian mobil) lebih stabil. Kalau memang roofrack diisi barang, pastikan kecepatan maksimalnya 60 km/jam. Kalau di atas 60 km/jam, mobil bisa lebih limbung, apalagi mobil jenis SUV,” ucap Sony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *