Ross Brawn Harapkan F1 Tirukan Sistem Penjenjangan MotoGP

 

Motor01.com – Disamping untuk membahas skedul supaya tak bertabrakan antara MotoGP dan Formula 1, di Catalunya Ross Brawn juga menyenggol mengennai sistem penjenjangan di MotoGP yang bagi dirinya mempunyai kualitas lebih baik ketimbang f1.

Salah satu petinggi F1 dari Liberty Media, Brawn berterus terang dirinya mengagumi meritokrasi yang dipunyai antara MotoGP dengan Moto2 dan Moto3 kini. Pada celah seri F1 Spanyol 2017 lalu, Brawn berjumpa dan melakukan  permufakatan dengan bos Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta.

“Menurut saya itu menarik jika melihat dari sisi komersial, cara mereka menyusun tim dan pembagiannya dan caranya bekerja untuk tim konsumen,” kata Brawn.

Kesuksesan penjenjangan di MotoGP Brawn dicontohkan kepada deretan pebalap di kelas MotoGP kini, di mana hanya terdapat dua dari sepuluh besar pebalap MotoGP yang berasal dari kejuaraan di luar Moto2 dan Moto3, yakni Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci.

Di F1 sendiri tak jarang pembalap gres datang tak dari GP2 (sekarang Formula 2) dan GP3 sebagai kejuaraan junior resmi untuk F1. Ternyata masih terdapat banyak F1 saat ini yang datang langsung dari Formula 3 dan Formula Renault 3.5.

“Kami seharusnya punya 22 atau 24 pebalap terbaik di dunia di Formula 1. Ada pertimbangan komersial, yang berarti kami tidak selalu mendapatkannya,” lanjut Brawn.

“Itu masalah kompleks karena Anda harus meletakkan tim dalam posisi mereka tidak harus membuat keputusan komersial tersebut, mereka hanya membuat keputusan berdasarkan pada pebalap terkuat yang bisa mereka dapat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *