Rumah Lelang Inggris Berhasil Jual Honda Monkey Z50A Milik Pendiri The Beatles Seharga Rp 1,1 miliar

Rumah Lelang Inggris Berhasil Jual Honda Monkey Z50A Milik Pendiri The Beatles Seharga Rp 1,1 miliar

Motor01.com – Para tokoh atau orang terkenal untuk koleksi pribadi mereka memang selalu menjadi target buruan para penggemarnya, mulai dari jam tangan, foto memorabilia hingga kendaraan.

Belum lama ini motor kecil Honda Monkey Z50A yang pernah menjadi milik John Lennon pendiri sekaligus ikon grup band The Beatles, berhasil terjual di rumah lelang Inggris dengan harga 80 ribu dolar Amerika atau setara dengan Rp 1,1 miliar.

Honda Monkey merupakan kendaraan roda dua kecil dari Honda dan diproduksi mulai tahun 1961. Honda Monkey dianggap sebagai sepeda yang menyenangkan untuk bersantai, kendaraan untuk satu orang dengan ban kecil bertabur 5 inci seperti balon.

Mesin Honda Monkey didukung oleh mesin empat silinder horizontal satu silinder, yang digunakan oleh Honda di banyak model yang lebih kecil (SS50, Dax) dan transmisi tiga kecepatan yang dioperasikan dengan kaki, kopling beroperasi dengan gaya sentrifugal dan tanpa operasi manual yang terpisah. Namun ada juga versi gearbox 4-speed dengan kopling manual.

Angka penawarannya terus meningkat dengan cepat, jauh melampaui angka yang telah ditaksir. Awalnya, sepeda motor mungil keluaran Honda tersebut, ditaksir oleh tim balai lelang di National Motorcycle Museum di Bickenhill, Solihull, akan terjual dengan harga 40 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 700 juta.

“Tentu kami sangat senang dengan adanya penjualan motor ini, mengingat asal-usulnya yang luar biasa. Jadi, untuk mencapai harga ini sangat memuaskan,” kata Mark Bryan, Kepala Penjualan H Classics Motorcycle Department.

Dari data yang dimiliki keluarga Lennon, motor tersebut telah dimiliki sejak tahun 1971, dan mendiang sering menggunakan minibike tersebut untuk bermain di perkebunan miliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *