Setelah Mudik 6 Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa

Setelah Mudik 6 Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa

Motor01.com – Mudik sudah menjadi kebiasan warga perkotaan indonesia terutama kota-kota besar seperti Jakarta. Mudi gunakan kendaraan pribagi masih menjadi pilhan, untuk itu mobil diwajibkan untuk memeriksakan mobil setelah digunakan ratusan hingga ribuan kilometer untuk mudik ke kampung halaman.

Ada enam bagian mobil yang harus diperiksa setelah digunakan mudik, bagian itu antara lain oli mesin, rem, kopling, suspensi dan roda, pendingin udara (AC) serta aki dan kelistrikan mobil.

Berikut detail dan penjelasan enam bagian mobil yang harus diperiksa

1. Oli mesin

Setelah menempuh jarak yang jauh, hal pertama yang harus diperiksa adalah oli mesin. Sangat dianjurkan untuk mengganti oli mesin setelah mudik untuk menjaga kondisi mesin tetap prima.

Mengganti oli mesin umumnya dilakukan setelah mobil menempuh jarak 10.000km, namun pergantian oli mesin bisa dipercepat apabila mobil telah bekerja keras tanpa berhenti untuk menempuh jarak jauh, terutama saat mudik.

2. Rem

Rem adalah komponen keselamatan yang sangat penting jadi diwajibkan untuk memeriksa rem juga setelah mudik guna memastikan tidak ada masalah yang berakibat fatal. Dengan periksa ketebalan kampas rem, periksa juga piringan dan pelumasnya. Setelah itu dicek kinerjanya, pakem atau tidak

3. Suspensi dan roda

Memeriksakan suspensi dan kondisi roda-roda kendaraan karena selama mudik, umumnya mobil dipaksa mengangkut beban yang berat dan menempuh jalur yang bergelombang.

4. Kopling

Mobil bertipe transmisi manual, Adianjurkan untuk memeriksa kondisi kopling karena komponen tersebut rentan mengalami keausan karena terus bergesekan dengan mesin.

5. Pendingin udara (AC)

AC juga harus diperiksa karena digunakan tanpa henti selama melalui jalur mudik dan arus balik. Fungsi AC selain memberikan kenyamanan, juga membuat pengemudi tidak cepat lelah karena kondisi cuaca di Indonesia yang panas.

6. Aki dan kelistrikan

Selama mudik dan arus balik, periksa juga kondisi aki dan kelistrikan mobil. Aki mobil yang terus mengirim kebutuhan listrik pada kendaraan sehingga harus memeriksanya kembali setelah tiba di rumah.

Cara pemeriksaan yang biasa dilakukan dengan mengecek tegangan listrik aki serta kekecangan pada kabel utama yang terhubung ke terminal positif atau negatif pada aki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *