Siapkah Toyota Indonesia Ekspor Mobil ke Australia?

 

 

Motor01.com – Di bulan Oktober tahun ini pabrik Toyota di Australia bakal ditutup, menilik faktor geografisnya, Toyota di Indonesia sangatlah berpotensi jadi pemasok utama mobil ke negeri Kanguru.

Tapi Bob Azam selaku Direktur Administrasi PT Toyota Motor Facturing Indonesia menuturkan jika hal tersebut masih membutuhkan banyak persiapan terutama pada regulasi Free Trade Agreement.

“Kalau untuk memperluas ekspor kita harus lihat beberapa hal, terutama kita punya nggak free trade dengan negara tujuan. Kalau Thailand dan Australia itu sudah punya, kita kan masih proses. Sementara Australia sudah tutup duluan nih pabriknya dan dilimpahkan ke kita,” papar Bob.

Bukan cuma itu, bagi Bob, daya saing yang ditentukan oleh kedalaman dari industri dan supply chain yang strong merupakan hal yang tak kalah pentingnya untuk dapat meningkatkan ekspor.

“Itu saling berkaitan (kedalaman industri dan supply chain). Bila itu sudah kuat, daya saing kita juga akan menguat sehingga ekspor akan melebar,” papar Bob.

Sementara di sisi pemerintah, segala kebijakan juga mulai terbit seperti penurunan Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah yang merupakan respons dari menurunnya pasar kendaraan sedan. Kebijakan anyar itu diharapkan bisamenumbuhkan pasar yang nantinya bisa meningkatkan peforma ekspor Indonesia.

“Sepanjang keputusan pemerintah itu untuk membesarkan pasar, memperluas jangkauan industri otomotif, kami pasti dukung. Oke saja. Tapi kalau untuk memperluas jaringan ekspor, kita harus bekerja lebih keras lagi,” tutup Bob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *