Suzuki Indomobil Sales Telah Luncurkan Suzuki Ignis

 

Motor01.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan segera meluncurkan produk barunya Suzuki Ignis di Jakarta. Mobil ini akan bermain pada segmen city car dan akan hadir dengan dua varian transmisi, automatic manual transmission atau akrab di sebuat AMT dan juga manual lima percepatan.

Walaupun cara pengoperasiannya tidaklah berbeda dengan auto gear shift (AGS) punya Karimun Wagon R, tapi secara teknis AMT pada Ignis diklaim telah mendapat pengembangan.

Assisten to Departemen Head Service SIS, Riecky Patrayudha, menuturkan, transmisi AMT yang terpasang pada Ignis merupakan generasi kedua yang telah mengalami banyak pengembangan.

“Beda dengan AGS, AMT jauh lebih smooth arahnya sudah seperti transmisi otomatis. Untuk membedakannya memang harus merasakan langsung,” ucap Riecky kepada KompasOtomotif di Tangerang, Selasa (11/4/2017).

Pengembangan pada sistem transmisi ternyata ada hubungannya juga dengan mesin yang diaplikasikan. Menurut Riecky, blok baru telah ditambahkan oleh Suzuki sebagai konsfigurasi pada sistem transmisi AMT untuk Ignis.

Hal tersebut menjadikan saat perpindahan gigi lebih mudah, juga untuk menghilangkan gejala sendat pada putaran bawah yang dulunya sempat ditemui pada AGS di Wagon R.

“Kalau AGS itu hanya dua blok kita satukan, nah di AMT ada tambahan blok di sisi tengah untuk sistem konfigurasinya. Gejala sendat saat baru menekan gas sudah lumayan hilang, putaran bawah juga lebih responsif karena mesin juga ikut dikembangkan, dari punya Splash dengan seri K12B,” tutur Riecky.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *