Tips Mengerem Saat Musim Hujan

Di musim penghujan seperti ini cara kita untuk berkendarapun tidaklah semudah seperti biasanya karna, medan jalan tidak seutuh fungsinya kala cuaca terang dan kondisi kering. Untuk itu, cara berkendara pun tidak semudah biasanya.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan kala musim hujan begini bagi pengendara mobil ataupun motor. Contohnya, saat kita mengerem di belokan kita haruslah lebih berhati-hati, karena saat kita mengerem di belokan bisa membuat kendaraan kita terpeleset. Terutama saat kendaraan kita melaju dengan cepat, lalu tiba-tiba kita belok.

Beda saat kondisi jalanan kering, saat kondisi jalanan basah, daya cengkram ban akan berkurang. Dengan daya dorong karena laju sebelumnya, maka kendaraan yang kurang daya cengkram bakal mencari titik temu optimal cengkeraman sampai akhirnya membelok, terlebih lagi kalau ban sedang dalam kondisi gundul.

Maka dari itu, Kita harus mengetahui betul jalan yang akan kita lewati. Dengan begitu, manuver tidak dilakukan secara mendadak.

Kita juga harus menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan kita. Rem yang basah terkena air, ditambah lagi jalanan yang licin, akan membuat kendaraan kita kebablasan saat mengerem.

Sesudah jaga jarak, kita juga bisa menghentikan laju kendaraan dengan cara “engine braking”, yakni dengan melepas gas perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *