Toyota Sumbangkan Mobil ‘Hijau’ Kece untuk Pemerintah & Mahasiswa

 

 

Motor01.com – Toyota sumbangkan belasan mobil ramah lingkungan untuk keperluan riset mobil listrik pada Kementerian Perindustrian dan 6 perguruan tinggi.

Terdapat 12 mobil hybrid dan 6 mobil konvensional paling canggih beserta dengan teknologi pendukungnya yang telah disediakan oleh pihak Toyota. Mobil tersebut kalau dirinci lebih lanjut adalah 6 unit Toyota Prius hybrid, 6 Toyota Prius Plug-in Hybrid, 6 Toyota Corolla bermesin bensin, berikut dengan data logger, charger, dan lainnya.

“Dunia otomotif itu sekarang terus berkembang, bahkan sampai kendaraan otonom. Satu perubahan besar di Indonesia sendiri adalah pergeseran dari mobil bermesin bensin ke electric vehicle,” ucap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di acara Kickoff Electrified Vehicle Comprehensive Study di Jakarta.

“Pemerintah saat ini juga terus berupaya untuk mendorong pemanfaatan teknologi otomotif yang ramah lingkungan melalui program LCEV. Hal ini sebagai salah satu sektor andalan di dalam roadmap Making Indonesia 4.0 dimana industri otomotif nasional diharapkan menjadi basis produksi kendaraan bermotor baik yang konvensional maupun electric vehicle (domestik maupun ekspor),” lanjutnya.

Langkah yang diambil ininantinya bakal jadi masukan untuk pemerintah menerapkan kebijakan pengembangan kendaraan listrik. Sehingga, target 20% untuk produksi kendaraan emisi karbon rendah tahun 2025 akan tercapai.

“Mobil ICE (Internal combustion engine) sangat berbeda dengan mobil bermotor listrik. Inilah salah satu perubahan besar termasuk di dunia global (selain mobil otonom),” ujar Airlangga.

“Melalui riset dan studi bersama ini, kita juga cari solusi yang meliputi kenyamanan berkendara oleh para pengguna, infrastruktur pengisian energi listrik, rantai pasok dalam negeri, serta adopsi teknologi dan regulasi,” tutupnya.

Sebelum Toyota, Mitsubishi juga telah menyerahkan 8 unit Mitsubishi Outlander PHEV yang termasuk model UV plug-in hybrid, 2 unit kendaraan listrik i-MiEV derta 4 unit quick charger pada pemerintah Indonesia. Mobil-mobil tersebut dites untuk keperluan riset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *