Toyota Tidak Sedikitpun Takut Walaupun Harus Lawan Suzuki dan Mitsubishi

Motor01.com – Toyota adalah salah satu pabrikan terbesar di Indonesia, dan wajar saja jika pihaknya tidak sedikitpun takut walaupun banyak pabrikan lain yang ikut memperkenalkan produk barunya. Hal ini bisa kita lihat dari tanggapan mereka terhadap Suzuki Ignis dan low MPV Mitsubishi.

Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, menuturkan Fransiscus Soerjopranoto, masih belum tentu bisa menggoyahkan kedigdayaan “Masing-masing punya strategi, kami tidak bisa halangi juga. Cuma (pertanyaannya) seberapa besar kemampuan mereka penetrasi, marketnya ada apa tidak, strateginya betul apa tidak,” ujarnya kepada sejumlah juru warta di Jakarta, Rabu (29/3) kemarin.

Khusus untuk Suzuki, menurut dirinya kedudukan Toyota sudah terlihat saat pabrikan berlogo “S” tersebut memperkenalkan Ertiga Diesel Hybrid. “Kita tidak khawatir. Biasa-biasa saja,” jelas Soerjo. Ertiga berada di level yang sama dengan Avanza.

Tidak jauh beda dengan Mitsubishi. Pabrikan tiga berlian itu memastikan juga akan masuk pada segmen yang sama dengan Avanza, low MPV, tahun ini. “(Low MPV Mitsubishi) bukan ancaman karena pasarnya besar kok,” tutup Soerjo.

Sebagai pengetahuan saja, bersumber pada data gabungan dari Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),  sepanjang tahun lalu Toyota menjual mobil sebanyak 375.835 unit. Dan diurutan kedua ada Honda dengan penjualan 195.794 unit.

Sementara untuk dua merek yang sedang dibicarakan ini Mitsubishi dan Suzuki, berada di posisi empat dan lima dengan total penjualan masing-masing 97.758 unit dan 92.915 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *