TVS Pamerkan Skuter Listrik Pintar di Ajang Auto Expo 2018

TVS Pamerkan Skuter Listrik Pintar di Ajang Auto Expo 2018Motor01.com – TVS pabrikan asal India, pada ajang Auto Expo 2018 memamerkan sebuah prototipe skuter listrik pintar, dengan nama Creon. Creon merupakan skuter listrik yang memiliki fitur canggih.

Skuter Creon yang digerakan oleh tiga baterai Li-ion 12 kw ini memiliki sistem reverse park assist, yang bisa membuat Creon mundur secara perlahan, dimana tidak dimiliki oleh kendaraan listrik lainnya.

Creon gunakan sasis bertipe twinspar layaknya motor sport dengan rangka ringan berbasis alumunium kaku, yang menghasilkan handling yang baik ketika digunakan pengendara.

Dengan menggunakan 3 baterai Li-ion 12 kW, Creon bisa menempuh jarak sejauh 80 km dalam sekali full-charge. Meski masih berbentuk prototipe, Creon mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,7 dk.

Sistem pengisiannya pun tidak rumit, karena dapat dilakukan di rumah dengan waktu tidak terlalu lama hanya 4 jam agar terisi dengan penuh. Untuk mencapai kecepatan 60 kpj dari diam, hanya membutuhkan waktu 5,1 detik.

TVS juga menyematkan 3 mode berkendara yaitu Track, Sport, dan City untuk memberikan kenyamanan pengendara. Kecepatan maksimal yang bisa dilakukan bekecepatan 115 kpj.

Desain Creon memiliki bodi futuristik meski terlihat bongsor. Dengan penyematan fitur-fitur canggih dan sistem pengamanan yang baik, seperti penggunaan rem depan dan belakang yang didukung sistem ABS single channel.

TVS juga memasangkan dasbor TFT berteknologi tinggi dengan GPS dalam TVS App yang terkoneksi dengan smartphone pemiliknya. Dari panel digital tersebut, pemiliknya juga bisa mengetahui kapasitas baterai layaknya indikator bensin, ditambah penggunaan lampu LED demi kenyamanan berkendara di malam hari.

Penampilannya dalam ajang Auto Expo 2018, prototipe TVS Creon menjadi pusat perhatian para pengunjung pameran, dan mampu meraih 2 penghargaan sekaligus, yaitu Best Concept Two-wheeler dan Best of The Show Two-Wheeler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *